Cara Mencegah Penyakit Campak Pada Anak

Cara Mencegah Penyakit Campak Pada Anak – Penyakit campak adalah penyakit yang biasanya menyerang anak kecil, dan penyakit ini ditandai dengan adanya suatu infeksi yang bisa menular. Gejala yang ditandai dari penyakit campak adalah demam, batuk, konjungtivis atau peradangan yang terjadi pada selaput ikat mata, dan juga ruam berupa bintik pada kulit. Penyebab dari penyakit campak adalah karena virus yang berasal dari luar yang masuk dalam golongan paramyxovirus.

Cara Mencegah Penyakit Campak Pada Anak

Cara Mencegah Penyakit Campak Pada Anak

 Penyakit Campak

Cara mencegah penyakit campak pada anak, cara yang baik untuk melakukannya adalah dengan memberikan mereka makanan yang bergizi dan juga mengonsumsi buah serta sayuran yang kaya akan virtamin, terutama vitamin A.

Salah satu cara mencegah penyakit campak pada anak, ibu bisa memberikan anak vaksin campak. Vaksin campak ini merupakan salah satu vaksin yang diberikan secara rutin pada anak. Pemberian vaksin campak sendiri dikombinasikan dengan vaksin penyakit gondongan dan juga campak Jerman. Kekebalan tubuh pada anak akan diperoleh setelah pemberian vaksin, infeksi yang aktif, dan juga kekebalan dalam bentuk yang pasif kepada bayi yang baru saja lahir dan juga pada ibu yang sudah kebal biasanya hal ini berlangsung selama satu tahun.

Cara mencegah penyakit campak pada anak dengan memberikan vaksinasi pada anak harus dilakukan pada bayi yang masih berusia 9 bulan. Biasanya penyakit campak ini akan dialami seseorang sekali seumur hidup mereka, dan penyakit ini biasanya datang di saat usia masih kanak-kanak.

Jika anak Anda menderita penyakit campak, maka cara untuk mengobati penyakit campak ini dilakukan dengan memberikan ramuan obat campak alami yang bahan utamanya adalah 1-2 genggam akar alang-alang dan kemudian direbus terlebih dahulu. Air rebusan ini diminum dan minumlah secara rutin maka penyakit campak akan sembuh.

Atau bisa juga dengan menggunakan obat campak alami 30-90 gram biji bunga matahari. Kemudian biji bunga matahari ini dimakan sebagai cemilan seperti memakan kuaci. Pengobatan yang lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan merebus 9 biji nangka, kemudian air rebusannya obat campak alami ini diminum.

Penularan Campak

Penyakit campak sendiri jika tidak ditangani dengan baik maka akan sangat mudah menular dan biasanya akan menimbulkan terjadinya suatu komplikasi yang semakin serius. Hampir semua anak yang berusia dibawah 5 tahun pada negara berkembang biasanya akan mengalami penyakit ini, dan sedangkan pada negara maju umumnya lebih banyak menyerang anak yang berusia remaja dan dewasa muda yang tidak mendapatkan imunisasi waktu masa kecil mereka. Penularan pada penyakit campak biasanya akan berlangsung dengan cepat lewat penyebaran kontak langsung dengan si penderita yang mengalami infeksi penyakit campak, lewat perantara udara, batuk, bersin dan juga lewat tinja manusia. Penularan penyakit campak biasanya akan berlangsung pada fase kedua sampai 1-2 hari setelah ruam merah muncul di kulit.

Penyakit campak kebanyakan menyerang anak-anak, hal ini dikarenakan sistem daya tahan tubuh mereka yang belum sempurna dibandingkan dengan orang dewasa. Kemudian penyakit campak ini dinilai sangat berbahaya karena komplikasi yang muncul seperti terjadinya kerusakan pada otak dan kematian. Penyakit campak sebenarnya tidak akan menimbulkan suatu hal yang fatal yang bisa menyebabkan kematian jika anak-anakk yang diserang mempunyai kondisi tubuh yang sehat dengan gizi yang baik. Namun jika di negara dimana anak menderita masalah kurang gizi, maka penyakit campak adalah salah satu jenis penyakit yang bisa berakibat fatal. Untuk itulah sangat dibutuhkan pengadaan tindakan pencegahan penyakit campak. Dan salah satu yang dilakukan adalah dengan pemberian vaksin atau pemberian imunisasi.

Menurut data WHO, kasus penyakit campak pada anak terjadi 242.000 kematian akibat penyakit campak ini. Dan besarnya jumlah kematian yang terjadi adalah salah satu bentuk hal yang sangat berbahaya karena penyakit campak ini menunjukkan bahwa penyakit campak merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan sebaiknya harus segera mendapatkan pencegahan pada penyebarannya. Dan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah hal ini terjadi adalah dengan melakukan program vaksinasi atau imunisasi.

Dalam melakukan pengobatan atau pemberian obat campak pada anak-anak, maka hal yang dilaukan adalah bersifat simptomatik. Seperti penyakit cacar air, maka untuk memberikan obat campak yang harus dilakukan adalah dengan mengompres si penderita, namun sebaiknya jangan menyelimuti mereka karena panas tubuh malah akan membuatnya menjadi semakin naik. Sehingga pada akhirnya akan menimbulkan masalah kejang demam. Jika panas semakin tinggi,maka sebaiknya anak jangan dimandikan. Namun kebersihan tubuh mereka harus tetap diutamakan dengan mengelap tubuh mereka menggunakan air hangat. Dalam membantu mengurangi gatal-gatal, maka olesi obat campak dalam bentuk bedak gatal-gatal. Anak juga harus dicukupi kebutuhan air dan makanan cair agar mereka tidak mengalami dehidrasi. Berikan mereka makanan dengan porsi yang agak kecil namun diberikan dengan frekuensi yang sering.

Yang harus diingat adalah bahwa sebaiknya penderita penyakit campam mendapatkan perawatan intensif sendiri agar orang lain tidak mengalami penularan dan merupakan salah satu cara mencegah munculnya komplikasi yang terjadi. Untuk kasus penyakit campak yang berat, pemberian dari vitamin A sangat berguna sekali dalam menurunkan angka morbiditas dan mortalitas. Pencegahan dengan melakukan pemberian imunisasi seperti vaksin MMR.

Cara Mencegah Penyakit Campak Pada Anak


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Penyakit Campak dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Campak and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *